Senin, 05 September 2016

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Stroke

Pantangan bagi penderita penyakit stroke,- Penderita stroke di indonesia pada akhir tahun 2012 lalu, mencatat telah terjadi sekitar 500.000 kasus penderita stroke. Dan yang paling mengerikan lagi akibat penyakit stroke ini adalah ada sekitar 12.500 orang meninggal akibat penyakit tersebut, sementara sisanya mengalami cacat ringan maupun berat.
Baca Juga
Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke, seperti : usia, tekanan darah tinggi, stroke sebelumnya, diabetes, kolesterol tinggi, merokok, atrial fibrillation, migraine dengan aura, dan thrombophilia (cenderung thrombosis). Namun dari semua faktor-faktor tersebut yang paling mudah dikendalikan adalah tekanan darah tinggi dan merokok.

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Stroke

Berikut Pantangan Makanan Untuk Penderita Stroke yang tidak boleh anda makan, jika anda ingin sembuh dari penyakit STROKE yang sangat berbahaya bagi tubuh, karena penyakit stroke merupakan  penyakit yang menyerang pada usia 40 tahun keatas.namun saat ini stroke bukan bukan saja menyerang orang yang sudah tua, tetapi juga menyerang yang usianya masih muda,dan dari tahun ke tahun jumlah penderita stroke terus mengalami peningkatan.
  1. Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi, seperti: mentega, keju dan minyak kelapa. Kolesterol dan lemak jenuh juga berasal dari produk hewani, termasuk daging dan susu.
  2. Batasi penggunaan garam dalam masakan Anda. Hal ini dikarenakan garam membuat tubuh kita menahan banyak air, yang akan meningkatkan tekanan darah Anda. Seperti yang kita ketahui tekanan darah tinggi sangat berisiko menyebabkan datangnya serangan stroke. Anda harus batasi penggunaan garam di bawah 1.500 miligram per hari.
  3. Pantangan makanan bagi penderita stroke berikutnya adalah segala jenis makanan yang mengandung lemak trans seperti :  kerupuk, keripik, margarin, mentega, es krim, biskuit, popcorn dan setiap makanan yang dipanggang dan digoreng.
  4. Makanan yang mengandung pengawet kimia seperti sodium nitrat dan nitrit yang sering dijumpai pada daging asap dan makanan kaleng. Karena makanan jenis ini terbukti merusak pembuluh darah Anda, yang bisa meningkatkan risiko serangan stroke.
  5. Makanan dan minuman bersoda menurut penelitian yang dipresentasikan dalam American Stroke Association’s International Conference dapat meningkatkan risiko stroke hingga 48 persen.
  6. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi, karena gula dapat menyebabkan obesitas dimana obesitas dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sebagai penyebab utama serangan stroke.
  7. Alkohol juga merupakan pantangan penderita Stroke, karena alkohol dapat mempengaruhi tekanan darah.
Selain mematuhi segala jenis pantangan makanan di atas, tentunya Anda juga harus merubah kebiasaan buruk seperti merokok dan malas berolahraga. Selain itu masih banyak faktor luar yang dapat meningkatkan risiko serangan stroke, salah satunya adalah radikal bebas. Kita memang tidak dapat mengontrol faktor yang satu ini, karena radikal bebas bisa datang dari polusi udara dan segala jenis makanan yang telah terkontaminasi zat kimia. Padahal makanan yang kita konsumsi semuanya sudah mengandung zat kimia, sejak dari proses produksi bahan makanan sampai proses pemasarannya. Inilah yang menyebabkan kita tidak dapat menghindari paparan radikal bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar